Thursday, May 16, 2019

21+ Contoh Dan Pengertian Simbiosis Mutualisme Parasitisme Komensalisme


Kalian belum tahu apa itu Simbiosis?. Simbiosis itu merupakan interaksi anata makhluk hidup yang saling berdampingan yang di lakukan oleh 2 mahluk hidup yang berlainan jenis dan merup interaksi yang kuat dan sangat khusus. Para Simbion ( mahluk hidup yang melakukan simbiosis ) ini akan di untungkan atau di rugikan tergantung kebutuhan masing-masing makhluk hidup itu sendiri, ada banyak sekali contoh simbiosis, dan akan kami terangkan di artikel ini.

A. Simbiosis Mutualisme

Merupakan interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan kedua belah pihak,  berikut beberapa contoh dari simbiosis mutualisme :

contoh-simbiosis-mutualisme
Lihat Gambar berdasarkan angka

    1. Lebah Dan Bunga
Disini lebah akan di untungkan karena mendapatkan nektar dari bunga yang dihinggapinya sedangkan bunga juga di untungkan karena lebah membantu bunga untuk melakukan penyerbukan.

   2. Burung Jalak Dan Kerbau

Burung jalak di untungkan karena mendapatkan kutu kerbau untuk dijadikan makananya sedangkan kerbau juga mendapatkan keuntungan karena kutu di tubuhnya menjadi berkurang.

    3. Bunga Dengan Kupu-kupu

Kedua organisme ini di untungkan karena kupu-kupu mendapatkan nektar untuk makanannya dan bunga di untungkan karena kupu-kupu membantunya melakukan penyerbukan.

    4. Rayap Dan Flagellata

Flagelata merupakan organisme yang hidup di usus rayap yang di untungkan karena mendapat makanan dari rayap, sedangkan rayap juga di untungkan karena flagellata membantu proses pencernaannya.

    5. Anemon Laut Dan Ikan Badut

Anemon laut di untungkan karena mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan badut sedangkan ikan badut juga di untungka karena mendapatkan perlindungan dari anemon laut dari serangan predator.

   6. Bakteri Rhizobium Dan Akar Tanaman Kacang-kacangan

Bakteri Rhzobium di untungkan karena mendapatkan makanan yang berada di akar kacang-kacangan sedangkan tanaman kacang-kacangan juga di untungkan karena mendapatkan nitrogen yang berfungsi sebagai pertumbuhan nya
 
    7. Raflesia Dan Lalat
Raflesia di untungkan karena dibantu penyebukannya oleh lalat, sedangkan lalat juga di untungkan karena mendpatkan nektar sebagai makanannya.

B. Simbiosis Parasitisme
Merupakan simbiosis yang salah satu pihak di untungkan sedangkan pihak lainnya di rugikan, berikut ini beberapa contohnya.
contoh-simbiosis-parasitisme

    1. Benalu Dan Inangnya
Benalu menggunakan akarnya untung menembus Batang pohon inangnya hingga ke jaringan pengangkut untuk mengambil air dan zat hara, sedangkan pohon akan mengalami kerugian karena air dan hara yang di butuhkan untuk hidupnya di ambil oleh benalu, sehingga dahan bisa mati.

    2. Tali Putri Dan Inangnya
Hambir sama dengan benalu, namun bedanya tali Putri ini tidak menyerap air dan zat hara yang belum di fotosintesis menjadi makanan, melainkan zat yang sudah di fotosintesis oleh inangnya, sehingga tanaman inangnya akan lebih cepat mati karena makananya di ambil oleh Tali Putri.

    3. Kutu Dan Manusia
Kutu hidup di kepala manusia, dia mendapatkan keuntungan karena menghisap darah manusia sebagai makanannya, sedangkan manusia mengalami kerugian karena kepala menjdi gatal, serta lecet akibat gigitan kutu.

   4. Bunga Raflesia Dengan Inangnya
Bunga raflesia mendapakan sari-sari makanan dari inangnya, sehingga inangnya di rugikan karena makanannya di ambil yang akan mengakibatkan inangnya jadi mati.

   5. Cacing Tambang Dan Manusia
Cacing tambang untung karena menyerap darah manusia melalui usus sebagai makananya, sedangkan maniska mengalami kerugian karena dapat menyebabkan anemia, cacingan, bahkan kematian.

   6. Nyamuk Dan Manusia
Nyamuk akan menghisap darah manusia melalui pori-pori senhingga dia di untungkan karena mendapatkan makanan, sedangkan manusia mengalami kerugian karena gigitan nyamuk bisa menyebabkan gatal, dan penyakit seperti DBD.

   7. Tikus dan Petani
Petani mengalami kerugian karena padi-padi di sawah di rusak oleh tikus, sedangkan tikus mengalami keuntungan karena dia mendapatkan makanan dari padi yang dia makan.


C. Simbiosis Komensalisme
Merupakan interaksi dua jenis mahluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lainnya tidak mendapat keuntungan maupun kerugian. Berikut ini beberapa contoh dan penjelasannya.
contoh-simbiosis-komensalisme

    1. Bunga Anggrek Dan Pohon Rambutan
Bunga anggrek akan mendapatkan keuntungan karena pohon menyediakannya tempat tinggal, sedangakan pohon rambutan tidak di rugikan ataupun di untungkan dengan adanya bunga anggrek.

    2. Sirih Dan Pohon Inangnya
Sama halnya dengan anggrek, sirih di untungkan karena mendapatkan tempat tinggal, sedanggak pohon inangnya tidak di untungkan maupun di rugikan.

   3. Paku Tanduk Rusa Dan Pohon Inangnya
Sama halnya dengan sirih dan anggrek karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, sedangkan pohon inangnya tidak di rugikan maupun di untungkan dengan keberadaan pohon paku tanduk rusa.

   4. Udang Dan Timun Laut
Udang mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan yang di makan oleh timun laut, sedangkan timun laut tidak di ganggu, dirugikan, maupun di untungkan.

   5. Ikan Goby dan Bulu Babi
Ikan gobi akan bersembunyi dibalik duri bulu babi yanh beracun untuk melindunginya dari predator, shingga dia di untungkan, sedangkan bulu babi tidak di rugikan ataupun di untungkan.

   6. Ikan Remora Dan Ikan Hiu
Ikan remora mendapat keuntungan karena bisa terlinding dari predator serta mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu, sedangkan hiu tidak di rugikan maupun di untungkan.

   7. Bakteri Pembusuk Dalam Tubuh Manusia
Bakteri ini akan mendapatkan makanan yang sudah tidak di cerna ( ampas ) sebagai makanannya sedangkan manusia tidak merasa di rugikan ataupum di untungkan, karena bakteri ini tidak berdampak negatif.

Nahh itulah beberapa contoh simbiosis komensalisme, mutualisme, dan parasitisme, semoga apa yang saya tuliskan bermanfaat untuk sahabat semua, sekian.
loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon