Sabtu, September 15, 2018

Alat Reproduksi Wanita Dan Fungsinya Lengkap Gambar

Loading...
    Sistem alat reproduksi wanita meliputi organ reproduksi, oogenesis, hormon pada wanita, yang berfungsi untuk menambah keturunan dengan adanya pertemuan sel sperma dan sel telur wanita, serta juga untuk melindungi organ bagian dalam wanita dari bakteri berbahaya atapun infeksi.

Secara singkat, Organ  Alat Reproduksi Wanita dibagi :
    1. organ reproduksi eksternal
    2. organ reproduksi internal
Kita akan bahas satu persatu secara runrtut,

1. Organ Reproduksi Eksternal ( Luar ) 
alat-reproduksi-wanita

Terdiri dari beberapa bagian penting seperti :
    a. Clitoris
    b. Hyman ( selaput dara )
    c. Vestibulum
    d.  Labia Minora ( bibir kecil )
    e. Labia Mayora ( bibir besar )
    f.  Mons Veneris
    g. Urethrae
    h. Kelenjar Bartholini ( kelenjar Lendir ) 

Semua bagian pada alat reproduksi wanita ini menjadi satu dengan Vulva, kita bahas satu persatu dari setiap bagian di atas :

  1. Klitoris
  Merupakan jaringan  kecil yang memiliki banyak pembulu darah dan syaraf, sehingga bagian ini akan sangat sensitif, klitoris juga bersifat eretikal yang sangat sensitif ketika bersenggama, sama halnya dengan penis pada laki-laki jika di analogikan.

   2. Hyman
  Merupaka selaput membran tipis yang menutupi bagian samping dari vagina, yang bersifat rapuh dan mudah robek, biasanya bisa di indikasikan untuk menilai keperawanan seseorang. Banyak sekali bentuk-bentuk hyaman. Hyman juga tempat mengalirnya darah ketika menstruasi, jika vagina tertutupi oleh hyman semua, sehingga ketika menatruasi darah tidak mengalir keluar, ini bisa menyebabkan gejala klinis bernama hyman imperforata. Jika hyman sudah sobek saat pertama kali bersenggama maka akam hanya tersisa carculas hymanalis. 

   3. Vestibulum
  Berada di rongga kemluan yang letaknya di antara dua bibir kemaluan di kanan dan kiri, klitoris si bagian atas, pada bagian ini tedapat muara uretra, dua lubang kelenjar bartholini dan dua kelenjar skene yang berguna untuk mengeluarkan pelumas atau pelicin saat bersenggama. 

   4. Labia Minora
  Tersusun oleh jaringan lemak, tidak berrambut,  dan terletak di dalam labia mayora sehingga membuatnya mudah membesar ketika bersenggama. Bibir kecill ini mengelilingi lubang vagina dan ketika labia mayora bertemu di bagian atas membentuk prepusium klitoridis dan di bagian bawah membentuk frenulum klitoris.
 
   5. Labia Mayora
  Berbentuk lonjong dan memanjang, di bagian luarnya di tumbuhi rambut, yang merupakan kelanjutan mona vernis. Sedangkan di bagian dalamnya tidak di tutupo rambut yang merupakan kelenjar sebasea, yang jika terkena rangsangan makan akan mengeluarkan pelumas berupa cairan yang licin, serta juga berfungsi untuk menutup organ genetalia.

   6. Mons veneris
  Selain berfungsi untuk menutupi alat genetalia ia juga sebagai estetika, atau mempercantik. Di atasnya terdapat mons pubis yang terdiri dari jaringan lemak, yang d tumbuhi oleh rambut. 

   7. Urethrae
  Terletak tepat di bawah klitoris dan berfungsi sebagai lubang tempak keluar nya air seni. 

   8. Kelenjar Bartolini
  Bekerja ketika menerima rangsangan, yang akan mengeluarkan lendir yabg licin, saluranya keluar di antara hyman dan labia minora. 

2. Organ reproduksi internal / dalam
Terdiri dark beberapa bagian seperti :
ovarium

    • Vagina
    • Uterus
    •Tuba Fallopi
    • Ovarium

   1. Vagina
  Ayo kita mulai dari organ yang paling luar di antara sistem reproduksi internal, vagina berfungsi untuk jalan melahirkan ketika persalinan , jalan keluarnya darah dan lendir ketika menstruasi, serta jalan bagi seperma untuk membuahi tuba falopi. Letak vagina berada di belakang kandung kemih serta lebih rendah dari rahim. Bentuk dari vagina itu sendiri berserat-serat di lapisan dalam, serta dinding yang berlipat-lipat.

   2. Uterus ( Rahim )
  Bagian yang lebih dalam dari vagina yang berfungsi sebagai tempat tumbuh kembangnya janin. Bentuk ruang rahim menyerupai segita dan memiliki berat ± 30 Gram yang tersusun dari otot-otot yang elastis sehingga bisa mengembang ketika janin mengalami pertumbuhan, setelah persalinan berakhir rahim akan ke bentuk semula dalam waktu beberapa minggu. Di dalam rahim terdapat dinding rahim / Endometrium yang akan menebal saat ovulasi dan melurh saat menstruasi. Di dalam uterus terdapat beberapa bagian seperti :

    • Korpus Uteri
    • Seviks Uteri
    • Fundus Uteri

    3. Tuba Fallopi ( Oviduk )
  Terletak di atas rahim dan terdapat dua tuba falopi yang memanjang ke kanan dan kekiri berbentuk seperti saluran bercorong yang menghubungkan rahim dengan ovarium. Fungsi tuba falopi di antaranya :

    • mengangkut ovum untuk dipindahkan ke rahim
    • bisa menjadi tempat pembuahan
    • sebagai tempat pertumbuhan janin untuk sementara waktu
    • Sebegai saluran untuk spermatozoa agar bisa mencapai ovarium.

  Oviduk memiliki beberapa bagian yang memiliki tugasnya masing-masing  seperti :

    • Infundibulum, di dalamnya berada fimbriae yang berguna untuk menangkap ovum.
    • Para ampularis, tempat bertemunya ovum dan sperma. 
    • Pars ismika, miliki bagian yang sempit.
    • Pars Interstitialis, letaknya dekat dengan uterus.

   4. Ovarium ( Indung Telur )
  Merupakan alat reproduksi terpenting yang melepaskan dan membuat ovum atau sel telur, bentuknya sedikit oval dengan panjang 3 - 4 cm. Terdapat dua ovarium yaitu di sebelah kanan dan sebelah kiri. Sel telur yang di produksi oleh ovarium bisa mencapai ratusan ribu, namun karena mati atau tidak matang hanya sekitar ± 400 sel telur yang sehat.
  
    Nah itulah fungsi dan alat reproduksi pada wanita, semoga bermanfaat, dan jika ada yang kurang faham boleh bertanya di kolom komentar.
   


loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon