Minggu, September 30, 2018

Cara Menggunakan Multitester Dengan Benar

Loading...

cara-menggunakan-multitester
    Untuk anak elektronik ataupun otomotif harus tahu bagaimana cara menggunakan multitester dengan benar agar apa yang nanti kita cek atau ukur hasilnya tepat. Cara menggunakan multitester sangatlah mudah, tinggal kamu harus tekun dan mencoba memperaktekannya.

    Nama bagian bagian  AVO meter dapat digunakan untuk mengukur arus, voltase, dan resistansi sirkuit listrik, selain untuk memeriksa kontinuitas sirkuit dan menguji diode. Memilih Range Pengukuran Pengukuran berikut dapat dilakukan dengan mengoperasikan switch pemilih fungsi:
• Pengukuran tegangan AC
• Pengukuran tegangan DC
• Pengukuran resistan
• Memeriksa hubungan
• Diode test
• Pengukuran arus searah
Pengukuran tegangan AC Kegunaan: Untuk mengukur voltase dalam rumah atau jaringan catu daya pabrik, tegangan dalam sirkuit arus bolak balik, dan trafo. Metode Pengkuran:
    Setel switch pemilih fungsi ke rentang pengkuran arus bolak-balik dan hubungkan pada colokan kabel pemeriksa . Polaritas colokan kabel pemeriksa dapat dipertukarkan.
Pengukuran tegangan DC
Kegunaan:
    Untuk mengukur tegangan berbagai macam tipe baterai, peralatan kelistrikan, sirkuit transistor, voltase dan penurunan voltase dalam sirkuit.
Metode Pengkuran: Setel switch pemilih fungsi ke ranah pengukuran voltase arus searah. Letakkan bagian hitam , colokan kabel penguji negatif, pada bagian potensi ground; dan bagian merah, kabel penguji positif pada bagian yang akan diuji, lantas baca hasil pengukurannya.
Pengukuran resistan
Kegunaan:
    Untuk mengukur hambatan dari resistor,
kontinuitas sirkuit, sirkuit hubung pendek (0 Ω),
dan sirkuit terbuka (tak terhingga ∞ Ω).
Metode Pengkuran:
    Setel switch pemilih fungsi untuk
resistance/continuity. (Bila penampilan
menunjukkan" " saat ini, tester sedang melakukan mode pengujian kontinuitas. Maka selanjutnya tekan switch pemilih mode warna biru Ω/ untuk mengubah tester ke mode pemeriksaan resistan.) Kemudian letakkan
colokan kabel penguji ke setiap ujung resistor
atau koil untuk mengukur hambatannya.
Yakinkan tidak ada voltase dalam resistor saat itu. Dioda tidak bisa diukur dalam ranah ini karena voltase yang dipakai rendah.
Memeriksa hubungan
Kegunaan:
   Untuk memeriksa kontinuitas rangkaian.
Metode Pengkuran: Setel switch pemilih fungsi pada ranah continuity . (Cermatilah bahwa layar menampilan " " saat itu. Jika tidak tampil, tekan switch pemilih mode Ω/ untuk mengubah tester ke mode continuity ) Hubungkan ujung colokan penguji ke sirkuit yang akan di test. Bunyi dengung (buzzer) akan terdengar bila sirkuit memiliki kontinuitas.
Diode test
Kegunaan:
Untuk menguji diode.
Metode Pengkuran:
    Ubah switch pemilih fungsi ke mode pengujian
dioda. Periksa kontinuitas dalam dua arah. Jika
dioda memiliki kontinuitas dalam satu arah dan
tidak ada kontinuitas ketika colokan penguji dipertukarkan, maka dioda dikatakan normal. Jika terdapat kontinuitas dalam dua arah, berarti dioda itu telah terhubung pendek. Lain lagi bila tidak memiliki kontinuitas dalam dua arah, berarti diode tersebut mengalami rangkaian terbuka.
Pengukuran arus searah
Kegunaan:
    Mengukur pemakaian kuat arus pada alat yang menggunakan arus listrik searah (DC)..
Metode Pengkuran:
    Setel switch pemilih fungsi pada ranah
pengukuran kuat arus. Pilih bidang untuk menyisipkan colokan kabel penguji positif dalam
ranah yang sesuai. Untuk mengukur kuat arus
pada sirkuit, maka ammeter harus dihubungkan
secara seri pada sirkuit itu. Selanjutnya, bidang
yang telah dipisahkan dihubungkan dengan salah satu colokan kabel pengujii. Sambungkan colokan kabel penguji positif ke sisi yang memiliki potensial lebih tinggi dan colokan kabel penguji negatif pada bagian dengan potensial lebih rendah. Bacalah hasilnya.
Rangkaian Terbuka
    Perangkat listrik akan beroperasi dengan normal apabila tidak terdapat malfungsi (kerusakan) pada rangkaiannya. Tegangan pada konektor dapat diukur sebagaimana ditunjukkan pada diagram. Tetapi, apabila peralatan listrik tidak berfungsi dengan normal, rangkaiannya mungkin telah mengalami kerusakan.
Dalam hal ini, area kerusakanya dapat diketahui
dengan mengukur konektornya. Mengidentifikasi area malfungsi Misalkan bola lampu tidak menyala (atau peralatan listrik tidak bekerja secara normal) sebagaimana ditunjukkan dalam diagram. Dengan mengukur voltase pada tiap area, Jikaha hasil semisal tidak terdapat voltase ini menunjukkan adanya konduktor yang
terganggu pada konektor, yang
mengakibatkan aliran arus terhenti. Kerusakan semacam ini disebut sirkuit terbuka.
Rangkaian jelek
    Apabila tidak terdapat masalah pada sirkuit, bola lampu akan menyala terang. Tapi, bila bola lampu hanya berpendar, kemungkinan terdapat
kerusakan pada sirkuit.
Mengidentifikasi area malfungsi
    Dari pemeriksaan voltase pada setiap ujung bola lampu telah terdeteksi sebesar 9 V. Pada rangkaian ini, voltase normal pada setiap ujung bola lampu adalah 12 V. Karena ini adalah sirkuit DC, gejala ini menunjukkan adanya resistor lain selain bola lampu.
    Sedang pemeriksaan voltase berikutnya pada
ujung tiap switch terdeteksi 3V. Ini menunjukkan bahwa switch bersifat resistan, kemungkinan akibat dari kontak yang lemah.
Hubungan singkat
    Misalkan fuse (sekering) pada sirkuit telah
terbakar sebagaimana tampak pada diagram,
periksa penyebabnya.
Mengidentifikasi area malfungsi
    Fungsi dari sekering adalah untuk mencegah
kabel atau peralatan rusak dengan membuka
sirkuit sebagai akibat dari panas atau meleleh
ketika aliran arus listrik yang melaluinya
berlebihan. Kejadian ini, dapat diasumsikan bahwa terdapat arus listrik mengalir berlebihan yang melalui rangkaian tersebut. Karena ini adalah sirkuit DC dimana voltase-nya terjaga konstan, maka ada kemungkinan telah terjadi hubung pendek (korsleting) antara kabel set dengan ground yang menyebabkan arus listrik
mengalir berlebihan.
    Dari pengukuran resistansi antara konektor dan ground, jika terdeteksi 0 Ω pada konektor. Ini menunjukkan bahwa konektor telah terhubung pendek ke ground, yang menyebabkan
arus listrik mengalir berlebihan melalui
rangkaian ini.
    Itulah bagaimana cara penggunaan multitester, jika masih ada yang belum faham silahkan tanyakan di kolom komentar, semiga bermanfaat dan terimakasih.
loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon