Rabu, September 26, 2018

Cara Cepat Mudah Stel Rem Tangan Mobil

Loading...
  
Cara-menyetel-rem-tangan
Hand Rem Dan Cover
   Setiap mobil pastinya memiliki rem yang bekerja secara mekanikal, baik itu rem kaki maupun rem tangan. Untuk kendaraan kecil bisanya di lengkapi dengan  hand rem atau bisa kita menyebutnya sebagai Rem tangan atau rem parkir. Semakin lama pemakaian rem, otomatis permukaan kampas rem semakin menipis, inilah yang mempengaruhi tingginya rem tangan.

    Sobat pasti risih sekali jika rem tangan mobil sobat terlalu tinggi, karena harus menarik rem tangan sampai tangan kita menekuk sekali, hingga kurang nyaman. Sangat kurang nyaman, jika hand rem sudah terlalu tinggi, ketika di tarik karena alasan kurang nyaman, jadinya hand rem di tarik sedikit, yang akan menyebabkan kampas rem kurang mencengkram tromol, hingga mobil beresiko menggelinding walaupun tuas hand rem sudah di tarik.

    Sering sekali terjadi pengemudi yang lupa menarik rem tangan kendaraanya ketika berhenti, sehingga menyebabkan kendaraannya mobilnya menggelinding, yang bisa merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

    Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara penyetelannya, sobat harus tahu dulu apa sih kegunaan hand rem itu. Berikut ini saya akan membagikan kepada sobat semuanya :

    1. Menahan Laju Mobil
        Hand rem atau rem parkir tentunya fungsi utamanya yaitu menjaga agar kendaraan tetap diam saat berhenti di suatu tempat baik di tanjankan, turunan, bahkan jalan yang datar sekali pun. Dengan kita menarik hand rem tentunya secara langsung kita mengoperasikan rem agar tetap menahan kendaraan, agar tidak berpindah tempat.

    2. Rem Darurat

         Ketika kendaraan mengalami rem ambles atau blong sobat janganlah panik, tetaplah tenang dan segeralah operasikan rem tangan, dengan menariknya perlahan-lahan, kenapa harus perlahan ? Karena jika di tarik tiba-tiba atau sekuat tenaga dapat menyebabkan body kendaraan tidak setabil. Kenapa juga rem blong rem tangan masih berfungsi ? Karena hand rem menggunakan pengoperasian mekanikal yakni menggunakan kabel baja, sehingga walaupun rem hidrolik mengalami blong, hand rem tetap berfungsi.

    Catatan : Pada kendaraan jaman dahulu, ada rem kaki yang masih manual yakni rem kaki yang masih menggunakan kabel baja.

    Setelah kamu mengetahui fungsinya, selanjutnya mari kita pelajari cara menyetel hand rem, tips yang akan saya berikan merupakan penyetelan hand rem yang umum di indonesia.

    1. Saat kamu mau menyetel hand rem, pada beberapa kendaraan baut penyetel tertutup oleh cover, jadi sebelumnya kamu haru lepas cover nya. Biasanya terdapat mur ataupun baut saja, atau juga ada yang baut dan di sampingnya terdapat klip, setip kendaraan berbeda. Namun yang intinya sama, lepas dahulu cover nya, gunakan nalar sobat.

     Catatan : ketika cover atau salah satu part sulit untuk di lepas, jangan di paksa, pastikan semua mur baut dan klip sudah terlepas

    2. Gunakan lah kunci yang sesuai dengan posisi tempat, baik menggunakan kunci ring, pass, sock, ataupun kombinasi. Kemudian putar baut penyetel pada rem tangan, tapi sebelum nya rem tangan harus di turun kan. Dengan menggunakan kunci ataupun tangan jika bisa, putar baut hingga di peroleh ketinggian hand rem yang di inginkan. Sesekali tarik rem tangan untuk mencoba ketinggian rem tangan, tinggi standar yang enak dan nyaman itu 4 - 7 Klik.

     Catatan PENTING !! : HATI - HATI ketika penyetelan hand rem, secara tidak langsung sobat juga menyetel celah antara kampas rem dengan tromol rem, sehingga membuatnya menjadi lebih sempit atau longgar. Jika rem tangan terlalu pendek bisa menyebabkan kampas rem terus menerus menyentuh tromol, sehingga dapat menyebabkan rem panas yang dapat menyebabkan rem menjadi blong, karena minyak rem mendidih dan menghasilkan gelembung udara, atau pun karet piston silinder roda meleleh sehingga rem jadi blong. Pastikan hand rem tidak terlalu pendek atau terlalu tinggi. Saat mencoba menarik hand rem, tarik lah dengan sewajarnya, jangan sekuat tenaga.

    Nah itulah bagaiman caranya menyetel hend rem dengan mudah dan cepat, semoga dapat membantu sobat semua. Jika bermanfaat silahkan share artikel ini ke temen-temen sobat. 

   Terimakasih banyak sudah berkunjung, kami selalu update jadi jangan lupa untuk mampie lagi ya.
loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon