Thursday, May 16, 2019

4 Kebiasaan Sepele Buat Kampas Kopling Cepat Habis

Ciri-kopling-cepat-habis

    Halo sahabat otomotif, ketika kamu sedang mengemudikan mobil ternyata mobil yang kamu kendarai teras berat tarikannya, bahkan sama sekali ta bertenaga. Walapun gas sudah di injak mentok dan suara mesin mobilmu sedang meraung-raung dan ternyata tetap melaju dengan kecepatn yang rendah. Jangan mengira dulu kalau mesin mobil kamu yang bermasalah, ini merupakan suatu gejala yang terjadi akibat kampas kopling yang aus.

    Hati - hati loh sahabat, jika hal ini di biarkan terus dapat menimbulkan berbagai macam masalah, seperti halnya boros dalam pemakaian bahan bakar. Yang lebih parah lagi dapat menyebabkan mobil MOGOK, mobil tidap dapat melaju walaupun mesin sudah hidup dan gigi transmisi sudah di masukan. Kok bisa begitu ya?

    Sebelum melanjutkan ke topik, sobat harus tau dulu nih fungsinya kopling itu untuk apa. Kopling itu berfungsi sebagai penyambung dan pemutus putaran poros engkol pada mesin melalui flay whell sebelum di lanjutkan ke transmisi dan roda. Kenapa harus ada Kopling ?

    Hal ini bertujuan karena saat akan memindahkan gigi pada transmisi harus dalam keadaan tidak ada putaran pada transmisi. Jika tidak ada kopling sebagai pemutus dan penyambung gerak putar poros engkol ke transmisi, pengemudi harus mematiakan mesinnya ketika akan memindahkan gigi pada transmisi. Hal ini sanga tidak efisien sehingga di pasanglah Kopling di antara Flay Whell dan transmisi, bertujuan untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin saat akan dilakukan pengoperasian gigi pada transmiai manual.

    Sekarang udah tahu kan, kenapa harus ada kopling pada mobil, selanjutnya mari kita ulas kenapa KAMPAS KOPLING CEPAT HABIS, jika sobat sudah tahu penyebab kampas kopling cepat habis, sobat bisa melakukan pencegahan dengan tidak melakukan hal-hal yang akan saya terangkan berikut ini.

1. Kebias Kebiasaan aan Kaki Di Atas Pedal Kopling

    Hal ini biasanya tanpa sadar sering dilakukan oleh pengemudi. Saat kendaraan sudah melaju biasanya kakai sebelah kiri akan di sandarkan ke pedal kopling, hal ini menurut driver pemula terasa nyaman, dan tidak perlu bolak - balik ketika akan menginjak pedal kopling. Hal ini justru akan menyebabkan kampas kopling cepat aus, di karenakan kampas kopling menjadi memiliki bidak gesek yang sedikit atau tidak gigit pada flay whell, sehingga kampas kopling lekas habis.

2. Setengah Kopling

    Hal ini paling sering dilakukan oleh pengemudi, kebanyakan melakukan setengah kopling yang menyebabkan kopling cepat aus, biasanya hal ini di lakuakan oleh orang yang sedang belajar mengendarai mobil atau pada saat di jalan yang macet. Setengah kopling ini bisa menyebabkan kopling lekas aus, karena terus bergesekan dengan flay whell dan pressure plate. Hindari setengah kopling, jika ingin menginjak kopling injak lah, jangan setengah-setengah, jika ingin melepas, lepas lah dengan segera tapi lembut.

3. Gas Galak

   Apa itu gas galak? Gas galak itu ketika pada saat gigi 1 kita sering meng geber mobil, ini juga akan menyebabkan kopling cepat habia, dan harus dihindari oleh sobat semua.

4. Cek lah Gerak Bebas Pedal Kopling

    Sobat semua harus sensitif pada pedal kopling dan harus mengecek gerak bebas pedal kopling. Ini bertujuan agar kopling selalu ter cek. Jika pedal kopling gerak bebasnya semakin sedikit, atau kopling semakin tinggi ( jika pedal kopling di lepas kendaraan belum jalan, walaupun kopling sudah di lepas setengahnya ) hal ini akan menyebabkan kampas kopling lekas habis. Karena secara otomatis jika tidak ada freeplay pada pedal kopling, secara tidak langsung kopling terus tertekan setengahnya oleh pedal kopling.

    Nah itu dia penyebab kampas kopling cepat habis, setelah sobat tahu penyebab-penyebab nya sabiknya segera tinggalkan hal-hal yang di sebutka di atas tadi, jika kopling sobat audah habia segera menuju bengkel resmi terdekat, untuk mendapatkan penanganan yang terjamin.

    Selanjutnya setelah sobat tahu hal-hal yang menyebabkan kopling cepat habis, sekarang kita pelajari bagaimana ciri-ciri kopling sudah waktunya dilakukan penggantian.

1. Tenaga Mesin Hilang

    Seperti yang di jelaskan tadi di atas, ketika sobat sedang mengendarai mobil, kemudian pada saat pedal di gas, yang biasanya saat mobil sobat di gas segitu ( posiai gigi dan injak gas sama seperti biasanya ) mobil sobat malah tidak mau melaju dengan kecdpatan yang di inginkan, dan mesing malah meraung-raung, ini bisa menandakan bahwa koling sudah semakin tipis. Hal ini di karenakan saat kopling sudah mulai aus, kampas koling tidak mampu lagi mencekram flay whell dengan herat sehingga sebagian tenagamesin tidak tersalurkan ke transmisi, yang menyebabkan mobil kehilangam tenaga, dan berakibat boros bahan bakar.

2. Fereeplay play kopling semakin besar

    Jika freeplay kopling semakin besar, atau gerak bebbas pedal kopling semakin besar ini menunjuka kopling sudah aus dan harus di ganti, ini di karenakan saat kampas kopling aus, permukaan kampas kopling semakin tipis sehingga kampas kopling dengan flaywhell jarangnya semakin renggang dan menyebabkan freeplay pedal kopling semakin besar atau jika pedal di injak dengan pelan gerak bebasnya semakin dalam, maka itu menandakan kampas kopling sobat sudah semakin menipis.

     Sekarang sobat sudah tau kan ciri-ciri kopling harus di ganti, jika menemui gejala di atas segera pergi ke bengkel resmi terdekat, agar ada tindak lanjut yang profesional dan terencana. Agar kendaraan sobat aman dan nyaman.

    Itu sedikit tips dari saya jika sobat semua punya tips lagi mengenai kopling bisa di tuliskan di kolom komentar, semoga bermanfaat. Jadilah pengendara yang peduli kepada pemgguna jalan lainnya ok. Salam otomotif.
loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon