Rabu, September 19, 2018

17 Tips Cepat Belajar Mengemudi Mobil Dengan Benar

Loading...
cara-mengemudi-mobil

   Ketika seseorang baru belajar mengemudikan mobil bahkan baru pertama kali duduk di belakang setir, mungkin akan kebingungan apa saja fitur pada kendaraan itu dan apa saja sih kegunaanya, namu  tidak sedikit pengemudi yang meremehkan dan menganggap menyetir mobil sangat lah mudah, pada artikel ini kita akan secara bertahap belajar mengemudi mobil secara umum. Jangan beranggapan kita tidak butuh teori, karenaa teori adalah pondasi utama untuk melaksanakan peraktek, teori adalah pondasi dalam setiap pembelajaran. Mengemudi mobil manual sangatlah mudah kamu pasti bisa mengemudi mobil manual, ayo semangat belajar mengemudi mobil manualnya.

1. Ketahui Manfaat Dan Fungsi Setip Fitur Pada Mobil

    Hal ini sangatlah mendasar tapi sangat lah penting bagi seorang pengemudi pemula, kamu harus hafal dan mengerti fungsi setiap tombol dan switch pada mobil dan kapan kamu harus menggunkannya, yang paling mendasar pada saat mengawali mengemudi kamu harus hafal letak pedal rem, gas, dan kopling. Ini sangatlah penting karena jika kaki kamu salah dalam menginjak pedal, ini sangat berakibat fatal bagi kamu ketika berkendara. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah kamu harus hafal dan tau manfaat setiap switch lampu pada mobil, karena saat di jalan raya kita berkomunikasi dengan pengendara yang lain menggunkan lampu, seperti ketika kita akan berbelok, mengerem kamu harus memberi tanda bagi pengendara lain agar pengendara lain tahu apa yang sedang terjadai di depannya.

2. Memasuki Mobil

    Ketika kamu akan mulai mengendarai mobil, masuklah ketika mobil pada posisi di jalan datar, untuk mempermudah kamu mengawali laju mobil. Gunakan sabuk pengaman dengan benar, serta turun kan kaca pintu depan kanan dan kiri agar kamu bisa mendengar suara mesin mobil dengan jelas, dan kamu bisa meperkirakan kapan kamu harus menambah atau mengurangi gigi.

3. Ketahui Lampu - Lampu Indikator Pada Mobil

    Lampu -lampu ini terletak pada dasboard mobil. Lampu - lampu ini memiliki fungsi yang beragam yang harus kamu tahu, setiap lampu akan menginformasika hal - hal mengenai performa kendaraan. Ini merupakan modal utama kamu sebagai pengemudi untuk mengetahui kondisi kendaraan. Bacalah buku pedoman pemilik untuk mengetahui lampu indikator apa yang menyela ketika terjadi kesalahan pada fungsi mobil.

    Contohnya ketika pengemudi tidak tahu lampu indikator Over Hating, pada suatu kasus lampu indikator itu menyla, otomatis untuk mesin EFI mesin akan mati dengan sendirinya, karena pengemudi tidak tahu apa kegunan lampu indikator itu, maka dia akaan memaksa kendaraanya start, ini kan berdampak sangat buruk padaa kendaraan, seperti halnya cylinder head melengkung, dan butuh biaya besar untuk mengganti atau memperbaikinya, hal ini terjaadi karena maslah sepele, namun berdampak merugikaan juga bagi kamu.

4. Latihanlah Ditempat Yang Tepat

    Setelah kamu mengetahui fungsi dari setiap fitur pada mobil, serta sudah duduk dengan nyaman, cari lah tempat yang tepat untuk berlatih seperti lapangan yang luas agar kamu dapat berkosentrasi pada latihan yang akan kamu lakukan, jika kamu sudah cukup mahir dan insting kamu sudah cukup kuat, barulah kamu pergi berlatih kejalan umum yang tidak terlalu banyak kendaraan bermotor.

5. Berkonsentrasi

    Ketika pertama memasuki kabin mobil dan duduk di belakang kemudi pastikan kalau badan kamu rileks, dan pikiran yang berkonsentrasi penuh. Hal ini harus kamu ingat karena seseorang yang gugup dan tegang ketika mengemudi akan menyebabkan badan cepat lelah, sehingga konsentrasinya menurun, jadi kamu akan sulit untuk mempelajari cara mengemudi. Selalu tarik napas dalam - dalam ketika kamu merasa gugup hal ini akan mengurangi rasa gugup dan gelisah kamu. Tegang, gugup dan tidak berkonsentrasi akan berdapak pada cepat atau lambatnya kamu bisa mengendari mobil.

6. Tuas Transmisi Harus Netral

    Ketika setiap kali kamu hendak menyalakan mobil pastikan tuas transmisi dalam keadaan netrla, dengan cara menggoyangkannya ke kanan dan kekiri, tapi jika kamu gugup dan tidak berkonsentrasi hal ini sering terlupaakan, yang mengakibatkan mobil tersentak yang malahan  membuat kamu merasa lebih gugup dan gemetaran. Selalu pastikasn juga netralkan transmisi ketika akan berhenti.

7. Menyalakaan Mobil

   Sebelum kamu menyalakn mobil pastikan Tuas transmisi Netral dan semua kelistrikan mati seperti AC, Blower, Dan lampu - lampu, ini sangat penting agar tidak menambah beban kelistrikan aki saat kendaraan mulai di start, agar aki tidak terlalu berat untuk menylakan motor stater sehingga membuat umur aki menjadi lebih awet. Raskan putaran mesin, bila mesin telah menyala segera lepaskan switch kontak agar tidak merusak motor stater, walaupun motor stater sudah di pasang clutch untuk mencegah puntiran berlebih dari flay whell.

8. Perkenalan Dengan Pedal - Pedal Dan Tuas Transmisi

    Ketika akan memulai belajar mengemudi, Injakan kaki - kaki kamu ke setiap pedal dan rasakan setiap sentuhan, hal ini untuk awal mula melatih agar kaki kamu terbiasa dengan setiap pedal. Ketika akan memindahkan gigi pada tuas transmisi injak kopling dengan penuh serta pindahkan tuas transmisi ke posisi gigi yang kamu inginkan, setelah itu lepas perlahan, untuk mesin EFI ketika melepas kopling tanpa menginjak gas tidak akaan membuat mesin mati, asal pada kondisi beban normal dan jalan datar, tetapi jika mesin terasa akan mati saat melepas kopling injak gas dengan perlahan sambil melepas kopling dengan perlahan. Seimbangkan antara gas dan kopling agar mobil melaju dengan stabil.

9. Kuasai Kopling

    Hal yang penting ketika kamu belajar menggunakan mobil dengan transmisi manual, kamu harus bisa menguasai kopling, ini akan bepengaruh pada tenaga, kenyamanan, serta bahan bakar. Biasakan menginjak kopling ketika akan mengurangi atau menambah gigi, jangan biasakan kaki selalu menginjak kopling ketika mobil sudah maju. Rasakan ketinggian kopling, kapan kendaraan akan melaju dan seberapa tinggi kopling dilepas ketika kendaraan mulai terasa bergerak. Jangan terbiasa menggeber mesin mobil saat kaki sedang setengah menginjak kopling, ini akan berdapak pada kopling yang akan cepat aus hingga selip dan mengurangi tenaga mesin dan membuat bensin boros, bahakan mogok atau tidak bisa maju, hal ini sering terjadi oleh pengendara saat berhenti di jalan agak menanjak, agar kendaraan tetap setabil pengemudi biasaya melakukan setengah kupling dan sedikit menggeber mesin.

10. Kaki Kanan Selaalu Siaga Di Pedal Rem

    Ketika kendaraan mulai melaju dan kendaraan mulai stabil pastikan kaki kamu jangan selalu menginjak pedal gas, sesekali pada keadaan tertentu seperti ketika dipinggir jalan banyak orang yang berjalan siagakan kaki anda di pedal rem, ini untuk mengantisipasi agar kamu tidak salah injak ketika tiba - tiba ada orang yang menyeberang, kaki kamu sudah siaga dan akan langsung menginjak pedal rem.

11. Jalankan Mobil Dengan Hati - Hati

    Selalu tenang dan berkonsentrasi, ketika akan mulai melaju, lepas kopling dengan perlahaan sambil menginjak pedal gas dengan perlahan, hal ini akan cukup sulit bagi pemula, kamu harus melatih dan meraasakan putaran mesin agar mesin tidak mati ketika kamu mulai melepas pedal kopling.

12. Insting Mengetahui Lebar Dan Panjang Kendaraan

    Selalu latihlah insting mengemudi mu, ini perlu di lakukan karena mobil memiliki bentuk dan panjang yang lebih lebar dari tubuh kita, sehingga kamu harus belajar mengetaahui posisi kendaraan dan roda - roda saat kamu mulai melaju, latihlah insting mu di tempat yang agak sempit namum aman, jika sudah sedikit mahir menjalankan mobil.

13. Memindahkaan Tuas Transmisi

    Untuk mulai mengoprasikan mobil dengan transmisi manual ataupun otomatis kamu harus belajar mengetahui fungsi setiap gigi. Ketika mobil sudah menyala injak kopling dengan penuh serta pindahkan tuas transmisi ke posisi gigi 1, belajarlah agar tangan kamu terbiasa memindahkan tuas transmisi, lihatlah pada tuasnya di sana biasanya sudah tertulis posisi gigi - gigi. Belajar merasakan masuknya gigi, agar saat gigi transmisi di pindahkan, kendaraan akan terasa melaju dengan lembut.

14. Seimbangkan Setiap Anggota Tubuh

    Ini cukup sulit dan membutuhkan jam terbang yang lumayan banyak karena kamu harus fokus kepada jalan, tuas transmisi, setir, pedal kopling, pedal rem,dan pedal gas. Ketika pertama mengendarai mobil dan mobil sudaah melaju kamu harus konsentrasi antara tangan kanan dan kiri, serta kaki kanan dan kiri apalagi ketika kamu akan memindahkan gigi, serta di kondisi jalan yang menanjak dan sedang berbelok. Bahkan ketika baru pertama mengendarai mobil, ketika di jalan datar sekalipun ketika akan memindahkan posisi gigi biasanya antara tangan kanan dan kiri tidak singkron sehingga terkadang kendaaraan tidak setabil, atau berbelok ketika akan memindagkan gigi, ini hal yang biasa, kamu harus sering melakukannya agar tangan dan kaki terbiasa.

15. Belajarlah Mendengarkan Suara Mesin

   Ketika kendaraan mulai melaju selalu dengar kan suara mesin, apakah mesin kendaraan akan mati ketika di rpm rendah sehingga kamu harus menginjak pedal kopling, memindahkan gigi, ataupun menambah injakan pedal gas.

16. Lihatlah Spion

    Biasakan sejak pertama belajar mengemudi untuk melihat spion kanan, kiri, ataupun tengah. Karena akan sangat bebahaya jika ketika berpindah jalur atau berbelok tidak melihat kaca spion, ingat kalu mobil memiliki bentuk yang lebar dan panjang sehingga harus memastikan bahwa ketika berpindah jalur tidak ada kendaraan lain di sampingnya.

 17. Memotivasi Diri Sendiri

    Ini sangatlah dibutuhkan, karena tanpa kita bisa memotivasi diri kita sendiri, semua hal sangat terasa sulit untuk di lakukan, jadi terus lah motivasi diri kamu sendiri, Saya BISA SAYA PASTI BISA!!

    Itulah Tips mengemudi mobil dari caraimaji, yang terpenting dalam mengemudi, taatilah rambu lalulintas, bekonsentrasi serta hargai pengguna jalan yang lain agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman, semoga dapat bermanfaat.
loading...

Hanya seseorang yang ingin berbagi apa yang dia tahu dan kagumi, semoga bermanfaat untuk kita semua


EmoticonEmoticon